Selasa, Agustus 10

Tidak jarang kita mengakui bahwa komunikasi itu sangatlah penting. dengan komunikasi anda bisa menyamnpaikan apa yang dirasa, pikirkan serta inginkan. komunikasi bisa disampaikan dengan bahasa tubuh atau bahasa tubuh bisa memperkuat penyampaian maksud anda. Dalam artikel ini saya coba share 16 cara baik menggunakan Bahasa tubuh untuk komunikasi.

Dibawah ini adalah beberapa bahasa tubuh yang perlu anda perhatikan ketika berbicara dengan seseorang :

1. Jangan silangkan kaki dan tangan anda.

Anda mungkin sudah sering mendengar bahwa menyilangkan tangan atau kaki dapat menunjukkan bahwa anda tertutup terhadap lawan bicara anda dan ini tidak menciptakan hubungan pembicaraan yang baik. Bukalah selalu posisi tangan dan kaki anda. hal ini juga bisa membuat anda terkesan sombong.

2. Lakukan kontak mata, namun bukan menatapnya.

Dengan melakukan kontak mata pada lawan bicara anda dapat membuat hubungan pembicaraan menjadi lebih baik dan anda dapat melihat apakah mereka sedang mendengarkan anda atau tidak. Namun juga bukan dengan menatapnya (terus menerus), karena akan membuat lawan bicara anda menjadi gelisah.
Jika anda tidak terbiasa melakukan kontak mata pada lawan bicara anda, memang anda akan merasakan ketidaknyamanan pada saat pertama kali. Namun lakukan saja terus dan anda akan terbiasa suatu saat nanti.

3. Buatlah jarak antara kedua kaki anda.

Memberi jarak antara kedua kaki (tidak dirapatkan) baik dalam posisi berdiri maupun duduk menunjukkan bahwa anda cukup percaya diri dan nyaman dengan posisi anda.

4. Santaikan bahu anda.

Ketika anda merasa tegang, anda akan merasakan juga ketegangan di kedua bahu anda. Biasanya terlihat dari posisi bahu yang sedikit terangkat dan maju ke depan. Cobalah untuk mengendurkan ketegangan dengan menggerakkan bahu anda dan mundurkan kembali posisinya ke belakang atau bersandar.

5. Mengangguk ketika lawan bicara anda sedang berbicara.

Mengangguk menandakan bahwa anda memang sedang mendengarkan. Namun bukan berarti anda mengangguk berlebihan (terus menerus dan cepat) layaknya burung pelatuk :), karena anda akan terlihat seperti dibuat-buat.

6. Jangan membungkuk, duduklah dengan tegak.

Membungkuk menandakan bahwa anda tidak bergairah, dan tegak disini maksudnya adalah tetap dalam koridor santai, tidak tegang.

7. Condongkan badan, namun jangan terlalu banyak.

Jika anda ingin menunjukkan bahwa anda tertarik dengan apa yang disampaikan oleh lawan bicara anda, condongkan sedikit tubuh anda ke arahnya. Namun jangan juga terlalu condong karena anda terlihat seperti akan meminta sesuatu.
Jika anda ingin menunjukkan bahwa anda cukup percaya diri dan santai, condongkan sedikit badan anda ke belakang. Namun juga jangan terlalu condong, karena anda akan terlihat arogan.

8. Tersenyum dan tertawa.

Bercerialah, jangan terlalu serius. Santai, tersenyum bahkan tertawa jika seseorang menceritakan sesuatu hal yang lucu. Orang akan cenderung mendengarkan anda jika anda terlihat sebagai orang yang positif. Namun juga jangan menjadi orang yang pertama kali tertawa jika anda sendiri yang menceritakan cerita lucu nya, karena anda akan terkesan gugup dan seperti minta dikasihani.
Tersenyumlah ketika anda berkenalan dengan seseorang, namun jangan pula tersenyum terus menerus karena anda akan dianggap menyimpan sesuatu dibalik senyuman anda.

9. Jagalah posisi kepala anda tetap lurus.

Jangan melihat ke bawah ketika anda berbicara dengan seseorang. Anda akan terlihat seperti tidak nyaman berbicara dengan lawan bicara anda dan juga terlihat seperti orang yang tidak percaya diri.

10. Jangan terburu-buru.

Ini bisa berlaku untuk apa saja. Bagi anda yang mempunyai kebiasaan berjalan dengan cepat, cobalah sesekali untuk memperlambat jalan anda. Selain anda akan terlihat lebih tenang dan penuh percaya diri, anda juga akan merasakan tingkat stress anda berkurang.

11. Hindari gerakan-gerakan yang menunjukkan bahwa anda gelisah.

Seperti menyentuh muka anda, menggoyang-goyangkan kaki anda atau mengetuk-ngetuk jari anda di atas meja dengan cepat. Gerakan-gerakan semacam itu menunjukkan bahwa anda gugup dan dapat mengganggu perhatian lawan bicara atau orang-orang yang sedang berbicara dengan anda.

12. Efektifkan penggunaan tangan anda.

Daripada anda menggunakan tangan anda untuk hal-hal yang dapat mengganggu perhatian lawan bicara anda, seperti disebutkan dalam point 11 diatas, lebih baik anda menggunakan tangan anda untuk membantu menjelaskan apa yang anda sampaikan.

13. Rendahkan gelas minuman anda.

Seringkali kita berbicara dengan seseorang sambil memegang gelas minum di depan dada kita. Sikap ini agak kurang baik karena akan membuat ‘jarak’ yang cukup jauh antara anda dan lawan bicara anda. Rendahkan posisi gelas minuman anda, bahkan jika perlu anda memegangnya sampai di dekat kaki.

14. Jangan berdiri terlalu dekat.

terlalu dekat bisa membuat lawan bicara menjadi tidaknyaman. hal itu dikarenakan kedekatan dalam berbicara menandakan privacy. tentu anda akan merasa kenyamanan yang berbeda bukan ketika anda berhadapan dengan pasangan dan kenalan yang baru anda tahu.

15. Berkaca.

Dalam buku-buku mengenai penjualan, saya sering menemukan tentang istilah berkaca ini. Pada intinya ketika 2 orang terkoneksi dan melakukan hubungan pembicaraan yang positif, mereka secara tidak sadar akan saling berkaca satu sama lain. Dalam arti anda akan sedikit meniru bahasa tubuh lawan bicara anda, begitu juga sebaliknya.
Anda dapat juga melakukan teknik berkaca yang proaktif (dengan sadar) untuk lebih meningkatkan kualitas hubungan anda dan lawan bicara anda. Sebagai contoh, jika lawan bicara anda sedikit mencondongkan badannya ke depan, anda dapat juga mencondongkan badan anda ke depan. Jika lawan bicara anda menaruh satu tangannya di atas meja, anda juga dapat melakukan hal yang sama. Namun tetap perlu diingat, jangan melakukan gerakan tiruan dengan jeda waktu yang sangat singkat dan hampir semua gerakan ditiru. Lawan bicara anda akan melihat suatu keanehan dan tampak seperti sirkus. :)

16. Jagalah selalu sikap anda.

Apa yang anda rasakan akan tersalur lewat bahasa tubuh dan dapat menjadi perbedaan yang besar terhadap kualitas hubungan anda dan lawan bicara anda. Tetaplah jaga sikap yang positif, terbuka dan santai.

Perlu diingat bahwa anda dapat merubah bahasa tubuh yang kurang baik, tentu saja selama anda memahami bahwa untuk menciptakan kebiasaan yang baru memerlukan sebuah proses. Jangan juga mencoba melakukan semua dengan sekaligus karena akan membuat anda bingung dan penat.

Fokus saja pada 2-3 bahasa tubuh yang menjadi prioritas anda dan perbaiki terus menerus selama 3-4 minggu. Setelah waktu tersebut anda akan menciptakan suatu kebiasaan yang baru. Kemudian anda dapat melanjutkannya lagi untuk 2-3 bahasa tubuh berikutnya.

tips ini akan berguna dimanapun dan keadaan apapun termasuk ketika anda sedang menjalankan bisnis anda diluar sana. jangan lupa praktekan 16 cara menggunakan bahasa tubuh ini untuk berkomunikasi ya ^_^

credit inspirasi: akuinginsukses.com

59 komentar:

  1. Makasih atas infonya sob.. n selamat berpuasa di bln suci ramadhan ini

    BalasHapus
  2. Mampir sob buat ngisi absen nih

    BalasHapus
  3. salam kenal .
    makasih buat tips.tipsnya .
    praktek .

    BalasHapus
  4. praktek dulu ahh...

    BalasHapus
  5. keren juga nih tutorialnya, sangat bermanfaat sekali gan , makasih buat infonya

    BalasHapus
  6. infonya berguna sekali...

    BalasHapus
  7. infonya bagus sekali nih, kayanya juragans udah berpegalaman yah,, hehe

    BalasHapus
  8. bahasa tubuh yang sangat menarik dan membantu,,,moga bermanfaat buat smuanya,,sukses slalu,,

    BalasHapus
  9. posting yang oke,,,tips yang sangat jitu,,moga sukses trus,,

    BalasHapus
  10. nice info,,thanks for information,,

    BalasHapus
  11. yang terakhir memang jadi kesimpulannya ... :D
    thanks infonya, jadi belajar sopan santun deh... hehe

    BalasHapus
  12. woooow keren juga nig , makasih banyak gan buat tipnya

    BalasHapus
  13. tips yang keren dan jitu,,sangat bermanfaat sekali,,makasih banyak kawan,,

    BalasHapus
  14. pengetahuan baru nih jadi nambah wawasan ,,,dan sangat membantu sekali,,makasih banyak kawan,,

    BalasHapus
  15. cara cara yang sangat berguna,,makasih banyak

    BalasHapus
  16. infonya bagus ..

    moga bermanfaat kawan

    BalasHapus
  17. tutorial mantap nih gan , makasih mas bro

    BalasHapus
  18. nice post,,
    thank for share

    BalasHapus
  19. ok juga postingan nya,,

    mskih ya,,

    BalasHapus
  20. wis tips nya mantap sekali nih gan , makasih banyak ya gan semoga bermanfaat nih

    BalasHapus
  21. tips yang menarik,,,
    baiklah akan saya coba,,,!!!

    BalasHapus
  22. bner juga nih.
    langsung di coba aja ah

    BalasHapus
  23. titorialnya keren sekali nih, makasih banyak gan atas infonya

    BalasHapus
  24. artikel yang menarik nih
    .kayanya langsung praktek
    hehe

    BalasHapus
  25. makasi buat infonya.
    semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  26. ok juga caara nya..
    langsung di coba aja ah,,
    hehe

    semoga bermnfaat :)

    BalasHapus
  27. baru tau nih...
    semoga berhasil nih..

    saya akan di coba aja...

    terima kasih atas info nya

    BalasHapus
  28. tips nya sangat berguna boss..
    thnak ya,,

    BalasHapus
  29. gaya gaya nya ok juga,,
    harus di coba nih,,
    hehe

    BalasHapus
  30. langsung di praktekiin aja mass...

    BalasHapus
  31. nmor yg ke15 ok juga..
    hehe

    soalnya saya suka berkaca,,
    hehe

    BalasHapus
  32. cara nya sangat baik juga,,
    hehe

    BalasHapus
  33. Condongkan badan, namun jangan terlalu banyak.
    dan tersenyum..

    keren juga,,

    BalasHapus
  34. langsung di praktekin nih
    jhahhahha

    BalasHapus
  35. penggunaan bahasa tubuh yang perlu di pelajari, nice info . .

    BalasHapus
  36. bener juga tuh ...

    makasih banyak infonya ya ..
    saya akan coba praktekan ketika orang lain bercerita kepada saya :)

    salam kenal ..

    BalasHapus
  37. keep posting sob..
    keren bangett,..... infonya mantepp banget....

    BalasHapus
  38. wah ternyata banyak juga bahasa tubuh untuk komunikasi,,,menarik juga,,

    BalasHapus
  39. penjelasan yang sangat lengkap sekali langsung saya terapkan untuk dipelajari,,,makasih,,

    BalasHapus
  40. waaah,,tips yang mantap...saya langsung sadar diri karena sya termasuk dlam beberapa point yang ada disana,, thanks ya...
    namun bwt orng yang belum terbiasa sangat sulit bahkan terasa garing,,begitu pula saya..hehe

    BalasHapus
  41. tips nya oke nih,, langsung ke TKP,,hahaha..
    thanks ya.

    BalasHapus
  42. boleh juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,,,,

    BalasHapus
  43. Ya, I think that's good information about atitude..

    BalasHapus
  44. bagus nii artikelnya salam kenal yaa

    BalasHapus
  45. Mantaaappp...
    makasih bnyak infonya....

    BalasHapus
  46. thanks yah gan tips-tipsnya ,,
    salam kenal..

    BalasHapus
  47. haduh kayaknya kebisaan saya tuh menggerakan bahasa tubuh yang gelisah,,hemmh,,terima kasih gan

    BalasHapus
  48. ok deh saya coba terapkan pada diri saya
    terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  49. paling sulit tuh yang namanya bahasa tubuh .. gampang bosen tea
    tapi ini masukan yang sangat bagus ini mengingatkan saya
    terimakasih

    BalasHapus
  50. bahasa tubuh itu kesukaan saya kalau ketemu pacar suka iseng iseng pake bahasa tubuh tapi ga pernah bosen soal nya selalu tersenyum di depan si cinta ha ha ..
    terimakasih

    BalasHapus
  51. bahasa tubuh atau bahasa isyarat ya .. saya paling sebel kalau liyat orang bicara pake bahasa isayarat ga ngerti soalnya jadinya ke saya nya juga jadi mumet lah pusing lah ..
    ok deh ini tips yang bermanfaat saya akan terapkan
    terimakasih

    BalasHapus
  52. terima kasih sudah berbagi tips.
    salam kenal...

    BalasHapus
  53. terimakasih atas informasinya salam kenal gan semoga sukses selau

    BalasHapus
  54. wahh ternyatu kaya gitu yah..saya juga baru tau nih..

    BalasHapus
  55. Saya sering banget tuh menyilangkan kaki. Abisnya suka pegel juga sih ni kaki kekeke

    BalasHapus
  56. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    http://asianbet77.com/

    BalasHapus

silahkan isi kolom utuk pertanyaan, komentar atau pesan apapun asal jangan spam yah..